Wine merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari anggur yang difermentasi dan pembuatannya harus melalui proses yang panjang. Kadar alkoholnya berkisar antara 10 hinga 15 persen. Anak-anak muda di Italia diajarkan untuk mempelajari bahwa sejak dini wine harus dinikmati sebagai bentuk apresiasi terhadap kultur bukan untuk diminum secara berlebihan.

 

Secara umum, di dunia ini populer dua jenis wine, yaitu red wine dan white wine, yang masing-masing dari jenis itu memiliki cara penyajian yang berbeda, karena berpengaruh terhadap rasa yang akan kamu nikmati holy people 😮

 

Red wine terbuat dari proses anggur merah atau anggur hitam beserta kulitnya. Macam-macam yang terkenal adalah Carbenet Franc, Dolcetto, Merlot, Pinot Noir. Sedangkan white wine terbuat dari proses anggur kuning, keemasan, hijau, dan beberapa jenis anggur merah, yang diproses tanpa kulitnya & hanya diambil sarinya saja. White wine yang terkenal adalah Chenin Blanc, Muscat, Pinot Blanc.

 

Untuk penyajian ketika minum red wine, harus memakai gelas yang berukuran besar agar mendapatkan aroma yang sempurna, dan harus berada pada suhu 16-18 derajat. Sedangkan untuk penyajian white wine disarankan menggunakan ukuran gelas yang lebih kecil untuk menahan bubble agar tidak terlalu berbuih. Disarankan meminum white wine dengan suhu udara dingin.

 

Red wine hanya memiliki dua karakter yaitu aroma buah dan tingkat keasaman saja. Sedangkan White wine memiliki tiga karakter, yaitu mengeluarkan aroma buah, rasa cenderung keasaman dan sepet. Siapa yang baru tau fakta inii? Jadi kalo kamu mau minum wine, diperhatiin baik-baik ya Holy people biar makin nikmat😋✨